Alhudri Dinilai Sukses Pimpin Gayo Lues, Elemen Sipil Paparkan 5 Indikator Utama

oleh -99 Dilihat
0 0
Read Time:3 Minute, 20 Second

Aceh // mediatargetkasus.com

Banda Aceh – Terlepas dari berbagai dinamika politik, tudingan tak mendasar dan riak -riak kecil yang terjadi akhir-akhir ini, namun secara data, fakta dan realita kepemimpinan Drs Alhudri MM selama 10 bulan di Gayo Lues telah berhasil menghadirkan harapan baru bagi masyarakat di daerah tersebut. Walaupun dalam kurun waktu yang tergolong masih sangat singkat namun berbagai indikator menunjukkan bahwa Kadisdik Aceh itu mampu membawa Gayo Lues ke arah yang lebih baik.

Saiful Mulki APRAH



“Tentunya sebagai manusia tak ada yang namanya sepenuhnya sempurna, dan takkan mungkin memuaskan semua orang. Bahkan Rasulullah yang merupakan manusia pilihan pun juga tetap ada yang tidak senang kepadanya yakni kaum munafikun quraisy dan yahudi misalkan, apalagi sebagai pemimpin daerah yang hanya manusia biasa. Namun, terlepas daripada itu sebagai elemen sipil secara objektif tentunya kita harus mengapresiasi capaian-capaian luar biasa yang telah diraih oleh Pj Bupati Gayo Lues Alhudri dalam kurun waktu hanya 10 bulan tersebut,” ungkap Koordinator Aliansi Peduli Rakyat Aceh (Aprah), Saiful Mulki, Sabtu 20 Januari 2024.

Menurut aktivis pemuda Aceh itu, setidaknya ada 5(lima) indikator utama yang menunjukkan bahwa Pj Bupati Gayo Lues Alhudri berhasil dalam menjalankan amanah memimpin daerah yang dijuluki negeri seribu bukit itu.

Indikator pertama, lanjut Saiful Mulki, yakni pengendalian inflasi. ” Di bawah kepemimpinan Alhudri yang mampu mengendalikan inflasi daerah, Pemkab Gayo Lues mendapatkan penghargaan langsung dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan Mendagri Muhammad Tito Karnavian, sehingga ia berhasil membawa pulang sebesar Rp 9,5 milyar dari pusat ke daerah yang dipimpinnya.
Seiring perjalanan waktu, kami juga mendapat lagi bonus dari produksi sawit sebesar Rp 5 milyar lebih dan kemudian dapat lagi dari inflasi sebesar Rp 11,3 milyar,” paparnya.

Berikutnya, kata Saiful Mulki, Alhudri terbukti mampu membangun infrastruktur dan bisa menurunkan stunting pada triwulan II sebesar 5 % dengan jumlah stunting sebanyak 340 jiwa dan pada triwulan III menjadi 3 % dengan jumlah stunting sebesar 225 jiwa. Meskipun nilai untuk tahun 2023 belum diumumkan, namun angka prevalensi hasil survey Kesehatan Indonesia menunjukkan trend penurunan dari tahun 2021-2022. “Trend ini akan menjadi ukuran bahwa kesungguhan Pj Bupati Alhudri dalam menurunkan angka stunting untuk mewujudkan target nasional ‘zero stunting’ secara bertahap akan dapat diwujudkan maksimal di Gayo Lues nantinya,” ujarnya.

Selanjutnya, lanjut Mulki, indikator suksesnya kepemimpinan Alhudri yakni secara objektif dapat dilihat dimana tata kelola Pemerintahan Kabupaten Gayo Lues saat ini semakin rapi dan dalam penataan pemerintahannya. “Bahkan, Gayo Lues merupakan Kabupaten yang tepat waktu dalam merealisasikan anggaran, dan bahkan ditengah kemelut fiskal yang dialami berbagai daerah lain di Aceh, Pemkab Gayo Lues berhasil membuktikan tidak adanya kegiatan yang berjalan di Tahun 2023 yang tidak terbayarkan atau terutang,”bebernya.

Dia menambahkan, indikator keempat yakni keberhasilan dalam penanganan kemiskinan ekstrem. Alhudri terbukti berhasil mengurangi angka kemiskinan ekstrem di Gayo Lues. Sehingga, mengantarkannya meraih dana insentif fiskal dari pemerintah pusat. Untuk itu, dia dua kali diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan tersebut. “Langkah signifikan lainnya yang berhasil dilakukan di daerah pedalaman Aceh itu adalah, pembukaan akses ke Desa Lesten, Kecamatan Pining, yang selama ini terisolasi. Itu dilakukan Alhudri dengan memperbaiki jalan. Kini kendaraan roda dua maupun empat sudah dapat melintas dan aksesnya ebih terbuka lebih baik bagi masyarakat setempat,”katanya.

Indikator kelima, Alhudri Dinilai telah menjalankan perintah pusat dalam rangka persiapan Pemilu dan Pilkada 2024. Bahkan Alhudri sudah menandatangani dan menuntaskan naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) alokasi anggaran kegiatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. “Bentuk keseriusan Pj Bupati Gayo Lues Alhudri juga dapat dilihat bahwa alokasi anggaran Pilkada Gayo Lues tahap awal langsung diberikan 60 persen dari kebutuhan anggaran yang disepakati. Ini menunjukkan bahwa orang nomor satu di Gayo Lues itu sangat komit dan serius terhadap amanah yang diberikan,”imbuhnya.

Saiful Mulki berharap, apa yang telah dilakukan Alhudri ini dapat terus dilanjutkan dan dimaksimalkan lagi, sehingga ke depan. “Untuk 10 bulan ini, capaian yang telah dicapai sudah sangat luar biasa. Dan tentunya semua itu hendaknya tetap berlanjut dan di tingkatkan lagi nantinya. Hal terpenting yakni kepemimpinan Alhudri selama ini sudah berhasil menghadirkan bukti nyata dikarenakan itikad baik beliau untuk membangun daerah sangatlah kuat,” pungkasnya.(Delky)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.