Memperingati Hari Kesiagaan Bencana ,BPBD Labuhanbatu Gelar Simulasi

oleh -1289 Dilihat
0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

Labuhanbatu-sumut // mediatargetkasus.com

Memperingati hari kesiapsiagaan bencana,Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten labuhanbatu menggelar simulasi keadaan darurat bencana di kantor BPBD kabupaten labuhanbatu, jalan Gouse Gautama No.88 kelurahan Ujung Bandar kecamatan Rantau Selatan, kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara Jumat (26/04/2024)




Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Labuhanbatu Drs.Darwin Yusma M.AP mengatakan,simulasi penanganan keadaan Darurat Bencana ini di laksanakan sebagai kesiapsiagaan personil satgas dalam menghadapi bencana yang setiap saat bisa terjadi tanpa bisa di prediksi,khusus nya kejadian bencana banjir,angin puting beliung,dan orang hanyut yang sering terjadi di labuhanbatu.

Kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap tahun nya.
Darwin juga menekankan bahwa kesiapsiagaan ini merupakan kegiatan utama dalam upaya pengurangan resiko bencana,yang salah satu nya keadaan darurat dalam mengevakuasi korban bencana,pencarian korban bencana,dan pengamanan aset korban yang berdampak bencana,sehingga masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah di saat tertimpa bencana.


Dengan di adakan nya simulasi ini,saya berharap Satgas TRC BPBD labuhanbatu yang terlibat agar bisa lebih respek dan peka,siap dan labih mantap dalam menghadapi bencana yang setiap saat bisa terjadi didaerah kita,sehingga kita mampu mengurangi resiko bencana yang terjadi,” ujar nya’.


Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) menjadikan 26 april sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana karena bertepatan dengan ditetapkan nya UU No 24 tahun 2007 tentang penanggulangan Bencana.


Undang Undang ini lah yang menjadi Hukum pertama penanggulangan bencana dari responsif menjadi preventif.
Hari kesiapsiagaan bencana tahun 2024 kali ini mengangkat Tema “Siap Untuk Selamat” dengan Sub Tema “indonesia tangguh indonesia Hebat”.


Gerakan Siap Untuk Selamat ini diadakan dengan simulasi evakuasi korban bencana yang dilaksanakan secara Nasional dan di pusatkan di Provinsi Sumatera Barat pada 26 april 2024 pukul 10;00 waktu setempat dan di seluruh Kabupaten/Kota Se’indonesia.”

Terpantau awak media acara hari kesiapsiagaan bencana di isi dengan simulasi bencana,evakuasi korban bencana dan makan bersama di lokasi acara.
Tampak dalam acara tersebut di Hadiri oleh Kaban BPBD labuhanbatu,Kabid l pencegahan dan kesiapsiagaan Hardian S.STP, para Staf ASN,Satgas BPBD,PusdalOps PB kabupaten labuhanbatu.(red) (Rilis julip Effendi)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.