Manfaatkan DD Kades N4  Sukses Berinovasi Ketahanan Pangan

oleh -673 Dilihat
0 0
Read Time:1 Minute, 56 Second

Labuhanbatu-sumut // mediatargetkasus.com

Manfaatkan dana desa (DD) N4 Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu Robby, sukses lakukan Inovasi ketahanan pangan untuk warganya di Desa N 4.

Kepala desa N4 Robby saat berbincang dan memberikan keterangan kepada awak media tentang keberhasilannya menciptakan ketahanan pangan di Desa N4 mengatakan, dengan memanfaatkan bantuan Pemerintah dari dana desa beliau mampu mendongkrak perekonomian di Desa N4 melalui ketahanan pangan.



“Dengan semangat serta berpikir untuk memajukan desa, kita manfaatkan dana desa yang ada, walaupun desa kita masuk dalam wilayah Perkebunan PTPN III Aek Nabara Bilah Hulu, kita buat produk ketahanan pangan, salah satunya yang sudah menghasilkan adalah Jamur Tiram yang kita dibudidayakan “, jelas Robby, kepada awak media, Senin (03/06/2024).

Menurut Robby, Jamur Tilam satu harinya dipanen menghasilkan 10 sampai dengan 15 kilogram setiap harinya. Dan, hasil panen Jamur Tiram tersebut, dikemas didalam plastik oleh ibu ibu penggerak PKK didesa N4. Selanjutnya, Jamur Tilam yang dikemas didalam plastik tersebut dijual ke Mall Brastagi yang ada dikota Rantau Prapat jalan Ahmad Yani Kecamatan Rantau Selatan Labuhanbatu dengan harga empat puluh ribu rupiah perkilogramnya.

“Jamur Tilam itu satu harinya kita panen dapat 10 sampai 15 kilogramnya perhari. Dan, itu dikerjakan oleh ibu ibu PKK desa N4, lalu setelah dikemas didalam plastik, Jamur Tilam dijual ke Mall Berastagi dikota Rantau Prapat dengan harga jual empat puluh ribu rupiah perkilogramnya. Mall Berastagi, mereka jual enam puluh ribu rupiah “, terang Robby.

Selain budidaya Jamur Tilam, Kades N4 Robby juga melakukan inovasi berupa tanaman Mangga Thailand, dan tanaman berbagi buah jambu di Desa N4 Kecamatan Bilah Hulu.

“Ini kita lagi membudidayakan tanaman Mangga Thailand dan tanaman berbagai Jambu yang kita beli dari kota Binjai Provinsi Sumatera Utara dengan memanfaatkan sumber anggaran Dana Desa tersebut. Insaallah, akan berhasil nantinya “, katanya.

Selain itu, Robby sebagai pejabat Kades di Desa N4 juga kerap kedatangan tamu dari Provinsi Sumatera Utara bahkan dari Pusat jakarta, terkait sepak terjangnya sebagai suatu percontohan desa yang terbaik dengan Motivasi serta inovasi gagasan yang sangat maju. Contohnya, pada tanggal 6 Juni 2024 yang akan datang , Desa N4 akan kedatangan tamu dari pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara.

“” Pada tanggal 6 Juni 2024 nanti, kami di Desa N4 ini akan kedatangan tamu TP PKK dari Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Labuhanbatu serta lainnya. Semoga ini menjadi inovasi yang baik kedepannya. Amin “” bilang Robby.Laporan (Julip Effendi)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.